8 Mar 2012

Jengkol Picu Pembentukan Batu Ginjal


Mendapatkan ginjal yang sehat bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan dan minuman. Jengkol sebagai pemicu batu ginjal harus mulai dikurangi sebagai menu harian Anda.
 
Kini, Anda tidak bisa lagi terlalu sering mengonsumsi jengkol. Pasalnya, jengkol mengandung kalsium dan asam jengkolat yang bila dikonsumsi berlebihan membentuk kristal-kristal dalam ginjal.

"Jengkol mengandung kalsium. Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang, tapi ada batasnya 1.000 – 1.200 miligram per hari," tutur Dr dr Parlindungan Siregar SppPD-KGH, spesialis ginjal, FKUI-RSCM, ditemui okezone di Jakarta, belum lama ini.

Selain kalsium, katanya, jengkol mengandung senyawa asam yang dinamakan asam jengkolat.

"Senyawa asam ini satu-satunya yang dipakai berasal dari bahasa Indonesia, asam jengkolat atau jenkolic acid. Asam ini sama dengan urin acid, kalau kebanyakan dapat menyebabkan kristal. Kalau kebanyakan, urinnya engga bisa keluar," ulasnya.

Dokter Parlin, sapaan akrab pengajar di FKUI bagian ginjal dan hipertensi ini menyarankan penggemar jengkol untuk banyak meminum air putih setelah makan jengkol.

"Jadi kalau makan jengkol, minum air yang banyak, minuman bikarbonat," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes