4 Mar 2012

Cara Hindari Buah Hati dari Diabetes


Anak-anak dari orangtua yang memiliki diabetes berpeluang besar terkena penyakit serupa. Karenanya, sejak dini harus menghindari faktor-faktor pemicu diabetes.

Demikian saran dari Prof Dr dr Abdul Razak Thaha, pakar kesehatan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hassanudin, Makassar.

"Anak dari ayah dan ibu diabetes berpeluang besar atau berbakat menjadi diabetesi. Seperti orang yang berbakat bermain bola kaki. Jika dia tak berlatih bola kaki, maka tak akan bisa bermain bola kaki," jelasnya pada okezone usai diskusi ilmiah mengenai bahaya gula tambahan, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (28/2/2012).

Berikut faktor-faktor yang patut dihindari seorang anak yang orangtuanya mengidap diabetes.

Asupan gula berlebih

"Anak-anak yang ayah dan ibunya diabetes, agar tidak terkena harus menjauhi faktor-faktor yang dapat menyebabkan diabetes. Faktor diabetes pertama adalah konsumsi gula, itu harus dikurangi," saran Prof Thaha.

Kurangnya konsumsi sayur dan buah

"Faktor risiko kedua adalah konsumsi sayur dan buah yang rendah jadi harus ditingkatkan," jelasnya.

Kurangnya aktivitas fisik

"Faktor penyebab ketiga adalah aktivitas fisik yang kurang. Jika dulu permainan anak-anak yang mengharuskan banyak gerak. Sekarang mereka lebih suka bermain game di depan komputer," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes