12 Mar 2012

Makanan-makanan Pas untuk Anak Diabetes


Anak-anak diabetesi kerap tidak memiliki banyak pilihan makanan untuk diasup. Orangtua juga bingung dan khawatir jika membelikan mereka berbagai jenis makanan.

Tapi para dokter mengatakan, bahwa diet diabetes tidak perlu harus terlalu ketat. Pelajarilah apa saja makanan-makanan terbaik yang dapat diberikan pada anak.

Perhatikan apa yang dokter katakan dan ikuti petunjuknya dengan disiplin, dapat membantu anak Anda dapat makan dan menikmati makanan seperti anak yang lain. Sebuah perencanaan makan yang tepat adalah yang lebih dibutuhkan anak diabetes.

Berikut lima makanan terbaik untuk anak diabetes, sebagaimana dilansir Boldsky, Jumat (9/3/2012).

Pati

Jika dokter mengizinkan anak Anda mengonsumsi karbohidrat, maka bagi asupan karbohidrat dalam beberapa menu, misal untuk di siang dan sore hari. Ganti beras dan berikan anak pati yang bebas kandungan gula namun kaya protein. Anak-anak yang mengonsumsi insulin atau obat diabetes lain perlu mengawasi tingkat karbohidrat dalam tubuh mereka.

Buah & sayuran

Melon, apel, pisang, jeruk, anggur, tomat, aneka buah-buahan berry, pir bisa dijadikan sebagai buah pilihan yang aman bagi anak diabetesi. Yogurt rendah lemak juga bisa dijadikan pilihan untuk menambah energi mereka.

Seafood


Seafood yang digoreng bukanlah pilihan sehat. Meskipun makanan laut paling banyak mengandung lemak baik, tapi tetap perlu dimasak dengan cara yang benar. Bakar ikan dengan lemon di atas panci antilengket untuk menghindari minyak. Tambahkan sayuran rebus agar menambah kelezatan.

Daging

Daging tanpa lemak adalah yang terbaik untuk anak-anak dengan diabetes. Mengganti kalkun tanah daripada daging sapi relatif sedikit lemak. Ayam tanpa tulang dan tanpa kulit dengan kombinasi sayuran dan saus dapat menjadi pilihan untuk anak.
 
Lemak

Cara terbaik untuk tetap mendapatkan manfaat lemak adalah memilih makanan yang berkadar rendah lemak. Pililah keju, yogurt, es krim, dan smoothies yang rendah lemak. Susu skim dan es krim pun masih dapat dinikmati sesekali.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes